Selamat datang di situs SMAN 2 Kalianda, terimakasih telah berkunjung

SMAN 2 Kalianda Upacara Kesaktian Pancasila sekaligus memperingati Hari Batik Nasional

Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Kalianda Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) melaksanakan upacara dalam rangka memperingati hari kesaktian Pancasila dengan tema, 'Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju' dan sekaligus memperingati Hari Batik Nasional 2023, pada hari senin 2 Oktober 2023, dilapangan sekolah setempat dengan penuh kebanggaan dan makna. 


Upacara tersebut, dihadiri langsung oleh Kepala SMAN 2 Kalianda Herwansyah S.Pd, para Dewan Guru, dan staff serta seluruh peserta didik siswa-siswi, dengan penuh kebanggaan dan makna, karena mengenakan beragam motif batik dengan warna yang mempesona, sebagai bentuk apresiasi terhadap kekayaan Budaya Indonesia. 


Kepala SMA Negeri 2 Kalianda Herwansyah S.Pd, dalam sambutannya menyampaikan,"hari Kesaktian Pancasila bukanlah semata-mata sebuah peringatan sejarah, tetapi juga pengingat bagi kita tentang pentingnya mempertahankan nilai-nilai ini di tengah perubahan zaman yang dinamis," jelasnya.


Lanjutnya, "Pancasila mendorong kita untuk menghargai keragaman, berdialog dalam semangat kebersamaan, dan menjunjung tinggi keadilan sosial. Selain daripada memperingati hari kesaktian Pancasila pada hari 1 Oktober kemarin, hari ini tgl 2 Oktober  2023 merupakan hari batik nasional. Batik merupakan warisan budaya lisan dan nonbendawi (Masterpieces of the Oral and the Intangible Heritage of Humanity). Batik merupakan salah satu warisan tanah air dan simbol kekayaan budaya yang sangat dibanggakan oleh masyarakat Indonesia," paparnya. 


Dirinya berharap, "saya berharap bahwa di moment peringatan Hari Batik Nasional hari ini tidak hanya menjadi acara seremonial belaka, tetapi harus menjadi momen refleksi dan komitmen untuk terus melestarikan dan mengenalkan keindahan serta makna batik kepada generasi Muda-mudi kedepannya." Pungkasnya.


Dari pantauan media dilapangan, selain siswa-siswi yang semuanya mengenakan busana batik dengan beragam motif dan warna yang mempesona, mereka juga menggelar perlombaan poto kelas bersama wali kelas dengan mengenakan batik terbaik mereka. 


Ternyata kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang perayaan, tetapi juga peluang untuk mengedukasi siswa tentang sejarah dan pentingnya batik dalam warisan Budaya Indonesia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Smandaka News

KEMAH AKBAR DAN PELANTIKAN CALON PENEGAK KE PENEGAK AMBALAN IR SOEKARNO DAN FATMAWATI PANGKALAN SMAN 2 KALIANDA

Rabu (13 desember 2023) hingga jumat (15 Desember 2023) pramuka SMAN 2 KALIANDA telah melaksanakan kemah akbar untuk...