Selamat datang di situs SMAN 2 Kalianda, terimakasih telah berkunjung

SOSIALISASI PEMIKIRAN FILOSOFIS KI HAJAR DEWANTARA DAN IHT PEMBUATAN E-MODUL DI SMAN 2 KALIANDA

foto: Ibu Ana Triana Maiyah, S.Pd. M.Si memandu jalannya kegiatan

LAPORAN AKSI NYATA MODUL 1.2 a.10
NILAI-NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

SOSIALISASI PEMIKIRAN FILOSOFIS KI HAJAR DEWANTARA DAN IHT PEMBUATAN E-MODUL (Flipbook) DI SMAN 2 KALIANDA 

Oleh:  1. Yeti Yulianti, S.Pd.
         2. Ana Triana Maiyah, S.Pd. M.Si. 
         3. Kurniawan Juli Trianto, M.Pd. 
         4. Laili Fathia S.Sos, 
         5. Mirdalita S.Pd. 
         6. Ade Ikhsania, S.Pd.

LATAR BELAKANG

Salah satu program yang telah dilakukan oleh Pemerintah Indonesia saat ini adalah Program Pendidikan Guru Penggerak yang tujuannya untuk menciptakan agen-agen perubahan dalam dunia pendidikan. Agen inilah yang nantinya di harapkan bisa mewujudkan Profil pelajar Pancasila sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia no 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasionla pasal 3, dimana pendidikan diselenggarakan agar setiap individu dapat menjadi manusia yang :beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang maha Esa dan berakhlak mulia, sehat, beriklu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020)

Peran dari guru penggerak yaitu bagaimana menjadi pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas praktisi, menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi antar guru dan mewujudkan kepemimpinan murid. sedangkan untuk nilai-nilai dari seorang guru penggerak yaitu: mandiri, reflektif. kolaboratif, inovatif dan berpihak pada murid.

SMAN 2 Kalianda memiliki 6 calon guru penggerak yang saat ini sedang berada dalam pendidikan guru penggerak angkatan 3, yaitu Yeti yulianti, S.Pd yang juga menjabat sebagai Waka Kurikulum, Kurniawan Juli Trianto, M.Pd yang juga menjabat sebagai Waka Sarana Prasarana, Ana Triana Maiyah, S.Pd. M.Si yang juga menjabat sebagai Waka Managemen Mutu, Laili Fathia, S.Sos yang merupakan pembina OSIS, Mirdalita S.SPd yang merupakan pembina KIR dan KSN serta Ade Ikhsania, S.Pd. yang merupakan pembina adiwiyata sekolah. 

Setelah memahami modul 1.2 tentang nilai-nilai dan peran guru penggerak, keenam CGP bermaksud untuk mulai melaksanakan perannya dalam hal menjadi coach bagi guru lain dan mendorong kolaborasi antar guru, salah satunya yaitu dengan melaksanakan sosialisasi pemikiran filosofis Ki Hajar Dewantara sekaligus mengadakan In House Training (IHT)  pembuatan e-modul berbasis fliphtml5. Fliphtml5 sendiri adalah aplikasi flipbook berbasis web yang dapat digunakan untuk mengubah file PDF ke bentuk flipbooks. Dengan Fliphtml5, kita dapat membuat majalah, katalog, e-brosur, eBook atau e-surat kabar menakjubkan berbentuk 3D. 

TUJUAN

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan pemikiran filosofis Ki Hajar Dewantara kepada guru-guru SMAN 2 Kalianda dan untuk membimbing guru-guru dalam membuat e modul (flipbook) dengan aplikasi fliphtml5 dalam rangka mensukseskan pembelajaran di SMAN 2 Kalianda

DESKRIPSI PERSIAPAN AKSI NYATA

Awalnya pada CGP SMAN 2 Kalianda mengikuti Lokakarya 1 di 2 tempat yang berbeda, yaitu 2 orang di Grand Elty Lampung Selatan dan 4 orang lainnya di Hotel Negeri baru Resort Lampung Selatan. Pada kegiatan tersebut para CGP menerima refleksi tentang apa yang akan dilakukan CGP dalam rangka perannya sebagai guru penggerak. Atas dasar refleksi tersebut pada hari Senin tanggal 6 September 2021, setelah keenam CGP berdiskusi untuk merealisasikan perannya, kemudian salah satu CGP menghadap Kepala Sekolah Bapak Herwansyah, S.Pd. untuk meminta petunjuk dan sharing. Kepala Sekolah mendukung dilaksanakannya kegiatan ini dan memfasilitasi dengan menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

PELAKSANAAN KEGIATAN AKSI NYATA

Pada hari Jumat, tanggal 10 September 2021 SMAN 2 Kalianda mengadakan kegiatan Sosialisasi Pemikiran Filosofis Ki Hajar Dewantara sekaligus In House Training Pembuatan E-Modul (flipbook) berbasis fliphtml5

Acara yang diprakarsai oleh 6 orang Calon Guru Penggerak (CGP) SMAN 2 Kalianda, yaitu Yeti Yulianti, S.Pd. Ana Triana Maiyah, S.Pd. Kurniawan Juli Trianto, M.Pd. Laili Fathia, S.os, Mirdalita, S.Pd dan Ade Ikhsania, S.Pd berjalan dengan lancar. Kegiatan ini diikuti oleh 31 peserta dari guru berbagai mata pelajaran.

foto: Ibu Yeti Yulianti, S.Pd. menjelaskan step by step pembuatan e-Modul, dan dibelakang tampak bu Ade Ikhsania, S.Pd sedang berkeliling mengajarkan secara langsung

Kegiatan ini dipandu oleh Ibu Ana Triana Maiyah, S.Pd. M.Si. dan dalam kegiatan ini di sampaikan sosialisasi pemikiran filosofis Ki Hajar Dewantara yang terkenal dengan 
Ing Ngarso Sung Tulodho (di depan memberi contoh), Ing Madyo Mangun Karso (di tengah membangun semangat), Tut Wuri Handayani (di belakang memberi dorongan) serta penerapan konsep Merdeka Belajar untuk menuju terciptanya profil pelajar Pancasila. Sosialisasi ini di sampaikan oleh Bapak Kurniawan Juli Trianto, M.Pd.

                     foto: CGP SMAN 2 Kalianda sedang berdiskusi sebelum pelaksanaan IHT

Sebelum memasuki kegiatan utama yaitu IHT Pembuatan E-Modul, peserta bersama-sama CGP melakukan
Ice Breaking dengan senam pinguin yang dipandu oleh Ibu Laili Fathia, S.Sos. Setelah rehat sebentar kegiatan pun dilanjutkan dengan dipandu oleh Ibu Yeti Yulianti, S.Pd. yang menjelaskan step by step tata cara membuat e-Modul dengan aplikasi fliphtml5.

CGP Mirdalita, S.Pd dan CGP Ade Ikhsania S.Pd mendampingi peserta membuat akun fliphtml5 secara satu selama kegiatan. 

Setelah kegiatan selesai di adakan penugasan kepada para peserta untuk mengumpulkan flipbook dengan jumlah 4 buah flipbook perorang. Tanggungjawab pendampingan hingga pengumpulan flipbook di bagi menjadi 6 kelompok untuk tiap-tiap CGP seperti yang dapat dilihat pada kolom surat tugas berikut ini.

foto: Peserta Sosialisai Pemikiran Filosofis Ki Hajar Dewantara sedang menyimak materi

HASIL AKSI NYATA
Berikut ini adalah link e-Modul (flipbook)  karya guru-guru SMAN 2 Kalianda
1. Drs. Syahrizal, Guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)

2. Yeni Septi Libra Yani, S.Pd. Guru Sejarah

3. Silvi Aprilia, S.Pd. Guru Ekonomi

4. Dra. Eko Anggonowati, guru Bahasa Indonesia

5.  Claudia Citra, S.Pd. Guru Fisika

6. Hirna Soca Panggayuh, S.Pd. Guru Seni dan Budaya

7.  Rudi Mardiyanto, S.Pd. Guru Kimia

8.  Deky Darma Putra, S.Pd. Guru Olah Raga

9. Nur Hilma Budiyani, M.Pd. Guru Bahasa Inggris

10. Septi Vischa Dewi, S.Pd. Guru Seni dan Budaya

11. Sri Yaniatri, S.Pd. Guru Biologi

12. Aang Alwansyah, S.Pd. Guru Bahasa Indonesia

13. Anwar Risandi, S.Pd. Guru Bahasa Lampung

14. Rismahayati, S.Pd. Guru Matematika

15. Hayati, S.Pd. Guru Fisika

16. Bilkis Nur Izzaty S.Pd. Kewirausahaan

17. Dra Yulia Fahda, M.Pd. Guru Bahasa Inggris

18. Dwi Julius Putra, S.Pd. Guru Agama Islam

19. Drs. Harna Priyanta,  Guru PJOK

20. Nursilawati, S.E, Guru Ekonomi

21. Dwi Fadilah Rahmatika, S.Pd. Guru Matematika

22. Eka Purwantina, S.Pd. Guru PAI

23. Susiyanti, S.Pd. Guru PKn

24. Eris Risna, S.Pd. Guru Sejarah

25. Siti Sarah, S.Pd. Guru Matematika

26. Drs. Hendro Sukoco, Guru Kimia

27. Mia Fitria Rahmi S.Pd. Guru Ekonomi

28. Ivania Vioca, S.Pd. Guru Matematika

29. Muhtar, S.Pd. Guru Bahasa Inggris

30. Laili Atika S.Pd. Guru Sejarah

31. M.Rizal Miftahudin, S.Pd. Guru Matematika

PEMBELAJARAN YANG DI DAPAT
Dari kegiatan ini banyak manfaat yang diperoleh baik untuk para CGP, untuk rekan-rekan guru dan terutama untuk kemajuan sekolah. Pembelajaran daring dimasa pandemi ini banyak mengalami hambatan terutama dalam penyampaian materi ke siswa. Dengan adanya flip book atau e Modul yang tidak memakan ruang pada anderoid siswa, maka penyampaian materi pembelajaran ke siswa akan lebih mudah. Selain itu guru juga dapat membuat e-modul menjadi menarik sehingga siswa senang membacanya. 
Sosialisasi pemikiran filosofis Ki Hajar Dewantara kepada rekan-rekan guru di SMAN 2 Kalianda sedikit banyak telah tersampaikan dan dapat dipahami. Semoga kedepannya akan membawa perubahan besar terhadap kemajuan SMAN 2 Kalianda.
DOKUMENTASI AKSI NYATA
foto: Laili Fathia, S.Sos sedang memberikan kiat-kiat membuat PPT yang menarik

Foto: Bapak Kurniawan J. Trianto, M.Pd. sedang menyampaikan pemikiran filosofi Ki Hajar Dewantara

foto: Ibu Ade Ikhsania, S.Pd. sedang membimbing guru lain dalam pembuatan akun fliphtml5

foto: Ibu Ade Ikhsania, S.Pd. Ibu Laili Fathia, S.Sos dan Ibu Yeti Yulianti, S.Pd. sedang membimbing guru-guru dalam pembuatan akun fliphtml5


foto: CGP (Yeti Yulianti, Ana Triana, Laili Fathia) sedang berdiskusi

Foto: Para CGP sedang berkeliling mendampingi guru-guru login ke fliphtml5

Foto: Mirdalita, S.Pd. sedang mendampingi pembuatan akun fliphtml5

Foto: Yeti Yulianti, S.Pd. sedang mendampingi pembuatan akun fliphtml5

SURAT TUGAS CGP DAN DAFTAR HADIR KEGIATAN

Berikut ini adalah surat tugas yang dikeluarkan oleh Kepala Sekolah untuk melaksanakan tugas sebagai pendamping/tutor pada pelaksanaan Sosialisasi Pemikiran Filosofis Ki Hajar Dewantara dan In House Training Pembuatan E-Modul dengan Aplikasi fliphtml5


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Smandaka News

KEMAH AKBAR DAN PELANTIKAN CALON PENEGAK KE PENEGAK AMBALAN IR SOEKARNO DAN FATMAWATI PANGKALAN SMAN 2 KALIANDA

Rabu (13 desember 2023) hingga jumat (15 Desember 2023) pramuka SMAN 2 KALIANDA telah melaksanakan kemah akbar untuk...